Last update April 2022. (ID) Kalian dapat menemukan produk-produk Widy ICT Multimedia GS di Tokopedia dan Shopee. Enjoy faster loading image (2160p resolution, 60% quality, and 5 times scan progressive). Open image in new tab to zoom. Desktop beta test ongoing. Mobile beta test ongoing. Comment section beta test ongoing. Import post from old website ongoing. (ID) Dikarenakan kesibukan penulis dalam bekerja maka post terbaru hanya menampilkan gambar saja, kedepannya satu-persatu akan dilengkapi dengan tulisan.

Widy ICT Multimedia GS

Widy ICT Multimedia GS

Last update April 2022. (ID) Kalian dapat menemukan produk-produk Widy ICT Multimedia GS di Tokopedia dan Shopee. Enjoy faster loading image (2160p resolution, 60% quality, and 5 times scan progressive). Open image in new tab to zoom. Desktop beta test ongoing. Mobile beta test ongoing. Comment section beta test ongoing. Import post from old website ongoing. (ID) Dikarenakan kesibukan penulis dalam bekerja maka post terbaru hanya menampilkan gambar saja, kedepannya satu-persatu akan dilengkapi dengan tulisan.
14:01 GMT+0700 | 7 July 2022

Duino-Coin Mining Indonesia

by | Dec 9, 2021 | Dynamic, Indonesian, Technology

SAAT INI DUINO COIN SUDAH DITINGKATKAN KE VERSI 3.0, SEHINGGA TULISAN INI BUTUH DIPERBARUI, AKAN KITA UPDATE DALAM WAKTU DEKAT.

Tulisan ini ditujukan kepada kalian agar terhindar dari kesalahan seperti salah website, salah software, salah cara penggunaan, dll. Sehingga dapat menghemat waktu kalian dalam mempelajari mining duino-coin ini. Mengawali tulisan ini, sebagai informasi duino-coin sendiri sudah dapat ditukar ke USD dan beberapa uang crypto lainnya seperti BTC, memang nilainya belum seberapa tetapi kita dapat berspekulasi kedepannya nilainya kedepan akan terus meningkat, dikarenakan trennya yang juga terus meningkat.

Jika kalian memakai microcontroller sebagai mesin mining, maka sudah kita hitung dapat langsung profit (diatas 60% pada saat tulisan ini dibuat menghitung konsumsi listrik maksimal dan tarif pln), dengan catatan internet kalian memang unlimited atau ada quota yang selalu tersisa tiap bulan, dan host yang dipakai memang sehari-hari selalu dibiarkan aktif atau standby. Jika tanpa host seperti esp32/esp8266 maka akan lebih baik lagi.

Jangan dulu berhenti membaca sebelum selesai karena diakhir tulisan ini banyak fakta menarik tentang duino-coin.

Duino-Coin pada website resminya menuliskan “A centralized coin that can be mined with Arduinos, ESP8266/32s, Raspberry Pis, computers, smartphones and many more” dari sana ada kata kunci unik seperti “centralized” dan beberapa low power computing yang mungkin kalian yang biasa mining dengan sistem decentralized dengan difficulty tinggi akan merasa ada beberapa perbedaan, tetapi pada pemula hal ini malah memudahkan karena semuanya lebih jelas seperti “wallet” dan segala informasi kebutuhan mining dikumpulkan pada 1 website resminya. Tidak perlu pusing memilih wallet yang mana, pool mining yang mana, dan program mining yang akan dipakai karena semua sudah disediakan lengkap.

Ada baiknya kalian perlu mempelajari terlebih dahulu Centralized vs Decentralized Cryptocurrency, banyak kekurangan dan kelebihannya.

Berikut beberapa alamat penting untuk kalian yang baru mulai memakai duino-coin:

List diatas merupakan website resmi duino-coin tidak perlu khawatir. Karena proyek ini berbasis open-source maka dalam pengembangannya bersama-sama dilakukan pada situs github, pada github tersedia source-code dan program yang dapat kalian download untuk kebutuhan mining pada perangkat yang kalian miliki. User revoxhere adalah ketua dari proyek ini makanya tertera nama dia pada directory github diatas.

Sebelum kalian memulai mining dengan software, kalian harus memiliki “wallet” duino-coin terlebih dahulu, karena ini sistem centralized maka kita gunakan walet yang sudah disediakan oleh proyek duino-coin yang terdapat pada alamat berikut ini:

Penggunaan vpn dan proxy akan membuat masalah pada pendaftaran dan login, jadi mohon tidak dipergunakan terlebih dahulu yah vpn dan proxynya. Beberapa informasi penting pada saat pendaftaran:

  • Kalian tinggal isi username, password, dan email lalu daftar.
  • PERLU DIPERHATIKAN LUPA USERNAME/PASSWORD maka wallet kalian akan hilang tidak ada cara mengembalikannya (untuk alasan keamanan uang yang kalian miliki juga)
  • Setelah kalian membuka akun, ada baiknya dengan segera memverifikasi akun untuk memastikan kalian bukan robot pada link https://server.duinocoin.com/verify.html, jika kalian tidak memverifikasi pada jangka waktu tertentu AKUN KALIAN AKAN DITUTUP dan semua isi koin pada walet kalian akan dipindahkan ke akun lain untuk kebutuhan bersama proyek duino-coin. Sedikit tips dari kita pada saat verifikasi dengan cara foto perangkat yang digunakan mining (bisa komputer, tablet, hp, raspberry pi, esp32, esp8266, arduino, dll) JANGAN LUPA untuk membuat TULISAN DIKERTAS username dan email lalu ikut difoto dengan perangkat mining kalian.

Sebelum kita melanjutkan berikut paket file (.zip) yang dapat kalian download terlebih dahulu untuk mining duino-coin, kalian membutuhkan software ini untuk mining duino-coin, pada pada paket file (.zip) dibawah:

Paket file diatas adalah murni didapat dari github duino-coin, sebagai informasi, seperti biasa semua software mining dapat keliru terdeteksi sebagai virus oleh antivirus termasuk windows defender bawaan windows 10 dan 11 tetapi kita pastikan file tersebut aman karena kita juga memakai program tersebut tanpa masalah dan tanpa kita modifikasi. Untuk versi 2.7.4 adalah versi terbaru yang dapat kita temui, kedepannya ada versi 3.0.0 tetapi sepertinya masih sangat lama karena banyak memberikan pembaruan dan baru dimulai (dilihat dari github).

Pada paket file (.zip) diatas sudah lengkap semua masing-masing program yang akan digunakan untuk mining, seperti:

IMAGE

  • AVR_Miner.exe untuk mining pada arduino (microcontroller avr/atmega) sebagai informasi arduino/avr/atmega tidak memiliki koneksi untuk dapat terhubung dengan internet (tidak bisa standalon/headless) maka membutuhkan komputer (host) yang terhubung dengan internet dan membuka aplikasi AVR_Miner.exe. Jika digambarkan seperti ini:

arduino/avr/atemega(serial-to-usb)<=>Komputer kalian(host)<=>Internet<=>Mining Pool

(Sebenarnya raspberry pi dan esp8266/esp32 bisa dijadikan host juga tapi tidak kita bahas)

Oh ya program ini CLI yah (command-line interface)/tampilannya hanya teks tapi mudah digunakan.

  • PC_Miner.exe untuk mining menggunakan komputer dengan sistem operasi windows, sama seperti AVR_Miner.exe program berbasis CLI (command-line interface)/tampilannya hanya teks tapi tetap mudah digunakan.

Sebenarnya program yang sering terpakai hanya dua itu saja, tetapi coba kita jelaskan yang lain:

  • CLI_Wallet.exe dan Wallet.exe yah dua program ini sama saja untuk membuka informasi wallet kalian, kita sendiri lebih suka mengakses wallet duino-coin dari website https://wallet.duinocoin.com tapi terserah kalian sesuai selera, sama saja. Seperti biasa untuk CLI_Wallet.exe berarti command-line interface, program yang tampilannya berbasis teks, kalau yang Wallet.exe sudah GUI (graphical user interface) kalian disana bisa tinggal pencet-pencet tombol yang dibutuhkan, bisa register disana juga, tapi sekali lagi kita lebih rekomendasi buka di website saja.

Sebenarnya pada titik ini kalian sudah dapat mining menggunakan cpu pada komputer windows kalian dengan menggunakan PC_Miner.exe cukup dengan memasukan infromasi username wallet duino-coin saja. Tapi tentunya bukan itu tujuan utama kita kan? Tujuan kita adalah mining menggunakan berbagai microcontroller.

Selanjutnya untuk mining menggunakan microcontroller kita membutuhkan software IDE (Integrated Development Environment) seperti Arduino IDE untuk mengupload kode perintah mining pada flash storage microcontroller. Berikut link download Arduino IDE:

Untuk versi 1.8.16 adalah versi terbaru saat tulisan ini dibuat.

Jika kalian berniat memakai arduino palsu/kw atau microcontroller esp32/esp8266 kalian membutuhkan driver serial to usb, pada saat ini mayoritas serial to usb memakai chip pl2303, cp2102, atau ch340/ch341, berikut kita sediakan semua driver yang dibutuhkan dengan versi terbaru dari sumber website resminya jadi terjamin keamanan dan versi terbarunya, kalian dapat download dan install semuanya karena sering kita butuhkan (jika kalian bingung juga yang chip mana yang terpasang).

Arduino asli/kw yang bagus/mahal memakai chip serial to usb Atmega 16u2 yang drivernya sudah otomatis terinstall saat menginstall Arduino IDE.

Tiga driver diatas adalah versi terbaru yang didapat dari website masing-masing produsen chip serial to usb. Silahkan untuk dapat diinstall terlebih dahulu jika mengalami masalah koneksi dengan microcontroller kalian seperti tidak terdeteksi, dll.

Berikut list serial to usb pada board development yang biasa beredar di indonesia:

  • Atmega 328p ch340 (originally coming with Atmega 16u2 )
  • Atmega 2560 ch340 (originally coming with Atmega 16u2)
  • esp32 cp2102
  • esp8266 ch340
  • Atmega32u4 direct serial to usb
  • Attiny85 direct usb (not supported yet by duino-coin because i2c not serial interface).

Setelah driver untuk menghubungkan komputer dengan microcontroller terinstall mari kita mulai upload code perintah untuk mining pada microcontroller.

IMAGE

Seperti biasa kita buka paket file Duino-Coin_2.7.4_windows.zip yang sudah kita download diatas tadi, nanti ada 3 buah folder yang peruntukannya untuk masing-masing model micro controller karena seperti kita ketahui arduino memakai cpu avr, esp8266 memakai cpu Tensilica Xtensa Diamond Standard 106Micro, esp32 memakai cpu Tensilica Xtensa LX6, berbeda semua makanya masing-masing memiliki kode untuk di upload yang berbeda.

Kita mulai untuk arduino/avr/atmega terlebih dahulu dengan membuka folder Arduino_Code, lalu tinggal kita buka file Arduino_Code.ino

IMAGE

Jangan lupa untuk sesuaikan board arduino yang dipakai/chip atmega yang dipakai, tentunya yang terpenting mengatur port mana yang dipakai menghubungkan arduino dengan komputer, lalu kalian tinggal upload code tersebut dengan menekan tombol upload pada menu tombol panah ke kanan warna hijau toska diatas.

Upload kode pada arduino kita sendiri tidak menemui masalah sama sekali, semua library sudah lengkap disediakan, berbeda saat kita mencoba upload kode ke esp8266 dan esp32, akan kita bahas nanti.

Untuk selanjutnya kita tinggal kembali ke folder awal Duino-Coin_2.7.4_windows lalu buka program AVR_Miner.exe seperti dibawah ini:

IMAGE

Cara memakai program berbasis comand-line interface (teks based) itu mudah kok, kalian tinggal ketikan jawaban dari apa yang ditanyakan oleh program lalu diakhiri menekan tombol enter. Pastikan memasukan username wallet duino-coin kalian dengan benar yah. Untuk pertanyaan enter your board seria port tinggal ketikan dari pilihan teks warna putih diatas, kebetulan untuk saat tulisan ini dibuat arduino milik kita berada di port COM11. Kalian juga bisa menambah board lain untuk mining, untuk menjawab (y/N) kalian tinggal ketik “y” lalu enter untuk yes dan “N” lalu enter untuk jawaban no. Board identifier sebenarnya tidak perlu diisi, tapi baiknya diisi agar kita mudah mengenalinya pada wallet kita mesin mana yang sedang aktif. Untuk donation developer yah bebas kalian isi berapa tidak mengurangi pendapatan kalian, loh kok bisa gitu??? ya karena ini centralized cripto currency semua telah diatur dari core crypto tersebut seperti berapa yang bisa kita dapatkan dengan difficulty yang dibebankan nanti kita akan jelaskan lebih lanjut. Sampai sejauh ini kalian telah berhasil mining menggunakan microcontroller dengan host pc windows. Mining juga membutuhkan koneksi internet yah. Untuk prosesnya silahkan kalian cek wallet kalian berapa pendapatan yang telah dihasilkan oleh mesin mining kalian bisa lewat https://wallet.duinocoin.com.

Kita lanjut untuk microcontroller lainnya, tapi kali ini akan kita satukan pembahasan mengenai esp32 dan esp8266, karena yah mirip-mirip, tapi tetap ada perbedaan. Tetap di-keep yah file yang sebelumnya telah kita download seperti:

Selanjutnya kita perlu menambahkan board manager untuk esp32/esp8266 pada Arduino IDE dengan cara menambahkan link dibawah ini pada additional board manager url di Arduino IDE>File>Preference. Lalu untuk download core esp32/esp8266 dengan pergi ke Arduini IDE>Tools>Board>Boards Manager>Cari “esp”>Install esp core yang dibutuhkan. Link:

Kalian bisa menambahkan keduanya sekaligus agar Arduino IDE kalian support esp32 dan esp8266 kedepannya. Tanpa menambahkan link pada additional board manager url, maka core esp32/esp8266 tidak akan keluar pada Tools>Board>Boards Manager, dan kalian tidak dapat menghubungkan/upload code kepada esp32/esp8266 jika tidak.beum mendoenload corenya.

Hati-hati dengan additional board manager url yang sudah tidak disupport lagi, karena akan menyebabkan tidak kompatibel dengan kode-kode project kalian kedepannya termasuk duino-coin ini, 2 alamat url diatas adalah yang terbaru dan akan terus mendapatkan update kedepannya. Sebagai informasi core esp32 sendiri ditangani langsung oleh espressif sedangkan untuk core esp8266 ditangani oleh komunitas. Saat penginstallan masing-masing core pada board manager akan mendownload sekitar kurang-lebih 150MB.

IMAGE

Setelah itu kita membutuhkan library “ArduinoJson” yang kalian dapat download di Sketch>Include Library>Manage Library lalu ketikan “arduinojson” untuk mencarinya.

IMAGE

SAAT INI DUINO COIN SUDAH DITINGKATKAN KE VERSI 3.0, SEHINGGA TULISAN INI BUTUH DIPERBARUI, AKAN KITA UPDATE DALAM WAKTU DEKAT.

Berkatalah, sebelum bertindak!

– Sarcasm ID: Facebook

Slalu saja kau dapat membuatku
Maafkan salahmu
Dan kini kau ulangi
Salahmu yang itu itu saja

– Ecoutez!: Simpan Saja

And maybe with a chance you will find
You too like I
Overjoyed, over loved, over you
Over you

– Stevie Wonder: Overjoyed

Duino-Coin Mining Indonesia

by | Dec 9, 2021 | Dynamic, Indonesian, Technology

SAAT INI DUINO COIN SUDAH DITINGKATKAN KE VERSI 3.0, SEHINGGA TULISAN INI BUTUH DIPERBARUI, AKAN KITA UPDATE DALAM WAKTU DEKAT.

Tulisan ini ditujukan kepada kalian agar terhindar dari kesalahan seperti salah website, salah software, salah cara penggunaan, dll. Sehingga dapat menghemat waktu kalian dalam mempelajari mining duino-coin ini. Mengawali tulisan ini, sebagai informasi duino-coin sendiri sudah dapat ditukar ke USD dan beberapa uang crypto lainnya seperti BTC, memang nilainya belum seberapa tetapi kita dapat berspekulasi kedepannya nilainya kedepan akan terus meningkat, dikarenakan trennya yang juga terus meningkat.

Jika kalian memakai microcontroller sebagai mesin mining, maka sudah kita hitung dapat langsung profit (diatas 60% pada saat tulisan ini dibuat menghitung konsumsi listrik maksimal dan tarif pln), dengan catatan internet kalian memang unlimited atau ada quota yang selalu tersisa tiap bulan, dan host yang dipakai memang sehari-hari selalu dibiarkan aktif atau standby. Jika tanpa host seperti esp32/esp8266 maka akan lebih baik lagi.

Jangan dulu berhenti membaca sebelum selesai karena diakhir tulisan ini banyak fakta menarik tentang duino-coin.

Duino-Coin pada website resminya menuliskan “A centralized coin that can be mined with Arduinos, ESP8266/32s, Raspberry Pis, computers, smartphones and many more” dari sana ada kata kunci unik seperti “centralized” dan beberapa low power computing yang mungkin kalian yang biasa mining dengan sistem decentralized dengan difficulty tinggi akan merasa ada beberapa perbedaan, tetapi pada pemula hal ini malah memudahkan karena semuanya lebih jelas seperti “wallet” dan segala informasi kebutuhan mining dikumpulkan pada 1 website resminya. Tidak perlu pusing memilih wallet yang mana, pool mining yang mana, dan program mining yang akan dipakai karena semua sudah disediakan lengkap.

Ada baiknya kalian perlu mempelajari terlebih dahulu Centralized vs Decentralized Cryptocurrency, banyak kekurangan dan kelebihannya.

Berikut beberapa alamat penting untuk kalian yang baru mulai memakai duino-coin:

List diatas merupakan website resmi duino-coin tidak perlu khawatir. Karena proyek ini berbasis open-source maka dalam pengembangannya bersama-sama dilakukan pada situs github, pada github tersedia source-code dan program yang dapat kalian download untuk kebutuhan mining pada perangkat yang kalian miliki. User revoxhere adalah ketua dari proyek ini makanya tertera nama dia pada directory github diatas.

Sebelum kalian memulai mining dengan software, kalian harus memiliki “wallet” duino-coin terlebih dahulu, karena ini sistem centralized maka kita gunakan walet yang sudah disediakan oleh proyek duino-coin yang terdapat pada alamat berikut ini:

Penggunaan vpn dan proxy akan membuat masalah pada pendaftaran dan login, jadi mohon tidak dipergunakan terlebih dahulu yah vpn dan proxynya. Beberapa informasi penting pada saat pendaftaran:

  • Kalian tinggal isi username, password, dan email lalu daftar.
  • PERLU DIPERHATIKAN LUPA USERNAME/PASSWORD maka wallet kalian akan hilang tidak ada cara mengembalikannya (untuk alasan keamanan uang yang kalian miliki juga)
  • Setelah kalian membuka akun, ada baiknya dengan segera memverifikasi akun untuk memastikan kalian bukan robot pada link https://server.duinocoin.com/verify.html, jika kalian tidak memverifikasi pada jangka waktu tertentu AKUN KALIAN AKAN DITUTUP dan semua isi koin pada walet kalian akan dipindahkan ke akun lain untuk kebutuhan bersama proyek duino-coin. Sedikit tips dari kita pada saat verifikasi dengan cara foto perangkat yang digunakan mining (bisa komputer, tablet, hp, raspberry pi, esp32, esp8266, arduino, dll) JANGAN LUPA untuk membuat TULISAN DIKERTAS username dan email lalu ikut difoto dengan perangkat mining kalian.

Sebelum kita melanjutkan berikut paket file (.zip) yang dapat kalian download terlebih dahulu untuk mining duino-coin, kalian membutuhkan software ini untuk mining duino-coin, pada pada paket file (.zip) dibawah:

Paket file diatas adalah murni didapat dari github duino-coin, sebagai informasi, seperti biasa semua software mining dapat keliru terdeteksi sebagai virus oleh antivirus termasuk windows defender bawaan windows 10 dan 11 tetapi kita pastikan file tersebut aman karena kita juga memakai program tersebut tanpa masalah dan tanpa kita modifikasi. Untuk versi 2.7.4 adalah versi terbaru yang dapat kita temui, kedepannya ada versi 3.0.0 tetapi sepertinya masih sangat lama karena banyak memberikan pembaruan dan baru dimulai (dilihat dari github).

Pada paket file (.zip) diatas sudah lengkap semua masing-masing program yang akan digunakan untuk mining, seperti:

IMAGE

  • AVR_Miner.exe untuk mining pada arduino (microcontroller avr/atmega) sebagai informasi arduino/avr/atmega tidak memiliki koneksi untuk dapat terhubung dengan internet (tidak bisa standalon/headless) maka membutuhkan komputer (host) yang terhubung dengan internet dan membuka aplikasi AVR_Miner.exe. Jika digambarkan seperti ini:

arduino/avr/atemega(serial-to-usb)<=>Komputer kalian(host)<=>Internet<=>Mining Pool

(Sebenarnya raspberry pi dan esp8266/esp32 bisa dijadikan host juga tapi tidak kita bahas)

Oh ya program ini CLI yah (command-line interface)/tampilannya hanya teks tapi mudah digunakan.

  • PC_Miner.exe untuk mining menggunakan komputer dengan sistem operasi windows, sama seperti AVR_Miner.exe program berbasis CLI (command-line interface)/tampilannya hanya teks tapi tetap mudah digunakan.

Sebenarnya program yang sering terpakai hanya dua itu saja, tetapi coba kita jelaskan yang lain:

  • CLI_Wallet.exe dan Wallet.exe yah dua program ini sama saja untuk membuka informasi wallet kalian, kita sendiri lebih suka mengakses wallet duino-coin dari website https://wallet.duinocoin.com tapi terserah kalian sesuai selera, sama saja. Seperti biasa untuk CLI_Wallet.exe berarti command-line interface, program yang tampilannya berbasis teks, kalau yang Wallet.exe sudah GUI (graphical user interface) kalian disana bisa tinggal pencet-pencet tombol yang dibutuhkan, bisa register disana juga, tapi sekali lagi kita lebih rekomendasi buka di website saja.

Sebenarnya pada titik ini kalian sudah dapat mining menggunakan cpu pada komputer windows kalian dengan menggunakan PC_Miner.exe cukup dengan memasukan infromasi username wallet duino-coin saja. Tapi tentunya bukan itu tujuan utama kita kan? Tujuan kita adalah mining menggunakan berbagai microcontroller.

Selanjutnya untuk mining menggunakan microcontroller kita membutuhkan software IDE (Integrated Development Environment) seperti Arduino IDE untuk mengupload kode perintah mining pada flash storage microcontroller. Berikut link download Arduino IDE:

Untuk versi 1.8.16 adalah versi terbaru saat tulisan ini dibuat.

Jika kalian berniat memakai arduino palsu/kw atau microcontroller esp32/esp8266 kalian membutuhkan driver serial to usb, pada saat ini mayoritas serial to usb memakai chip pl2303, cp2102, atau ch340/ch341, berikut kita sediakan semua driver yang dibutuhkan dengan versi terbaru dari sumber website resminya jadi terjamin keamanan dan versi terbarunya, kalian dapat download dan install semuanya karena sering kita butuhkan (jika kalian bingung juga yang chip mana yang terpasang).

Arduino asli/kw yang bagus/mahal memakai chip serial to usb Atmega 16u2 yang drivernya sudah otomatis terinstall saat menginstall Arduino IDE.

Tiga driver diatas adalah versi terbaru yang didapat dari website masing-masing produsen chip serial to usb. Silahkan untuk dapat diinstall terlebih dahulu jika mengalami masalah koneksi dengan microcontroller kalian seperti tidak terdeteksi, dll.

Berikut list serial to usb pada board development yang biasa beredar di indonesia:

  • Atmega 328p ch340 (originally coming with Atmega 16u2 )
  • Atmega 2560 ch340 (originally coming with Atmega 16u2)
  • esp32 cp2102
  • esp8266 ch340
  • Atmega32u4 direct serial to usb
  • Attiny85 direct usb (not supported yet by duino-coin because i2c not serial interface).

Setelah driver untuk menghubungkan komputer dengan microcontroller terinstall mari kita mulai upload code perintah untuk mining pada microcontroller.

IMAGE

Seperti biasa kita buka paket file Duino-Coin_2.7.4_windows.zip yang sudah kita download diatas tadi, nanti ada 3 buah folder yang peruntukannya untuk masing-masing model micro controller karena seperti kita ketahui arduino memakai cpu avr, esp8266 memakai cpu Tensilica Xtensa Diamond Standard 106Micro, esp32 memakai cpu Tensilica Xtensa LX6, berbeda semua makanya masing-masing memiliki kode untuk di upload yang berbeda.

Kita mulai untuk arduino/avr/atmega terlebih dahulu dengan membuka folder Arduino_Code, lalu tinggal kita buka file Arduino_Code.ino

IMAGE

Jangan lupa untuk sesuaikan board arduino yang dipakai/chip atmega yang dipakai, tentunya yang terpenting mengatur port mana yang dipakai menghubungkan arduino dengan komputer, lalu kalian tinggal upload code tersebut dengan menekan tombol upload pada menu tombol panah ke kanan warna hijau toska diatas.

Upload kode pada arduino kita sendiri tidak menemui masalah sama sekali, semua library sudah lengkap disediakan, berbeda saat kita mencoba upload kode ke esp8266 dan esp32, akan kita bahas nanti.

Untuk selanjutnya kita tinggal kembali ke folder awal Duino-Coin_2.7.4_windows lalu buka program AVR_Miner.exe seperti dibawah ini:

IMAGE

Cara memakai program berbasis comand-line interface (teks based) itu mudah kok, kalian tinggal ketikan jawaban dari apa yang ditanyakan oleh program lalu diakhiri menekan tombol enter. Pastikan memasukan username wallet duino-coin kalian dengan benar yah. Untuk pertanyaan enter your board seria port tinggal ketikan dari pilihan teks warna putih diatas, kebetulan untuk saat tulisan ini dibuat arduino milik kita berada di port COM11. Kalian juga bisa menambah board lain untuk mining, untuk menjawab (y/N) kalian tinggal ketik “y” lalu enter untuk yes dan “N” lalu enter untuk jawaban no. Board identifier sebenarnya tidak perlu diisi, tapi baiknya diisi agar kita mudah mengenalinya pada wallet kita mesin mana yang sedang aktif. Untuk donation developer yah bebas kalian isi berapa tidak mengurangi pendapatan kalian, loh kok bisa gitu??? ya karena ini centralized cripto currency semua telah diatur dari core crypto tersebut seperti berapa yang bisa kita dapatkan dengan difficulty yang dibebankan nanti kita akan jelaskan lebih lanjut. Sampai sejauh ini kalian telah berhasil mining menggunakan microcontroller dengan host pc windows. Mining juga membutuhkan koneksi internet yah. Untuk prosesnya silahkan kalian cek wallet kalian berapa pendapatan yang telah dihasilkan oleh mesin mining kalian bisa lewat https://wallet.duinocoin.com.

Kita lanjut untuk microcontroller lainnya, tapi kali ini akan kita satukan pembahasan mengenai esp32 dan esp8266, karena yah mirip-mirip, tapi tetap ada perbedaan. Tetap di-keep yah file yang sebelumnya telah kita download seperti:

Selanjutnya kita perlu menambahkan board manager untuk esp32/esp8266 pada Arduino IDE dengan cara menambahkan link dibawah ini pada additional board manager url di Arduino IDE>File>Preference. Lalu untuk download core esp32/esp8266 dengan pergi ke Arduini IDE>Tools>Board>Boards Manager>Cari “esp”>Install esp core yang dibutuhkan. Link:

Kalian bisa menambahkan keduanya sekaligus agar Arduino IDE kalian support esp32 dan esp8266 kedepannya. Tanpa menambahkan link pada additional board manager url, maka core esp32/esp8266 tidak akan keluar pada Tools>Board>Boards Manager, dan kalian tidak dapat menghubungkan/upload code kepada esp32/esp8266 jika tidak.beum mendoenload corenya.

Hati-hati dengan additional board manager url yang sudah tidak disupport lagi, karena akan menyebabkan tidak kompatibel dengan kode-kode project kalian kedepannya termasuk duino-coin ini, 2 alamat url diatas adalah yang terbaru dan akan terus mendapatkan update kedepannya. Sebagai informasi core esp32 sendiri ditangani langsung oleh espressif sedangkan untuk core esp8266 ditangani oleh komunitas. Saat penginstallan masing-masing core pada board manager akan mendownload sekitar kurang-lebih 150MB.

IMAGE

Setelah itu kita membutuhkan library “ArduinoJson” yang kalian dapat download di Sketch>Include Library>Manage Library lalu ketikan “arduinojson” untuk mencarinya.

IMAGE

SAAT INI DUINO COIN SUDAH DITINGKATKAN KE VERSI 3.0, SEHINGGA TULISAN INI BUTUH DIPERBARUI, AKAN KITA UPDATE DALAM WAKTU DEKAT.

Hidup cuma sekali, tetap rebahan dan jadi beban keluarga..

– Sarcasm ID: Tiktok

Simpan saja rasa di hatimu
Sudah lupakan
Hasratku tak lagi untuk saling mencinta
Sudah sampai di sini

– Ecoutez!: Simpan Saja

Even if I’m leaving you at the door
Even when I know that you’re never lonely
Harder than imagined
Harder when it’s cold

– Jarryd James: Tell Me Where It Hurts