Last update April 2022. (ID) Kalian dapat menemukan produk-produk Widy ICT Multimedia GS di Tokopedia dan Shopee. Enjoy faster loading image (2160p resolution, 60% quality, and 5 times scan progressive). Open image in new tab to zoom. Desktop beta test ongoing. Mobile beta test ongoing. Comment section beta test ongoing. Import post from old website ongoing. (ID) Dikarenakan kesibukan penulis dalam bekerja maka post terbaru hanya menampilkan gambar saja, kedepannya satu-persatu akan dilengkapi dengan tulisan.

Widy ICT Multimedia GS

Widy ICT Multimedia GS

Last update April 2022. (ID) Kalian dapat menemukan produk-produk Widy ICT Multimedia GS di Tokopedia dan Shopee. Enjoy faster loading image (2160p resolution, 60% quality, and 5 times scan progressive). Open image in new tab to zoom. Desktop beta test ongoing. Mobile beta test ongoing. Comment section beta test ongoing. Import post from old website ongoing. (ID) Dikarenakan kesibukan penulis dalam bekerja maka post terbaru hanya menampilkan gambar saja, kedepannya satu-persatu akan dilengkapi dengan tulisan.
13:47 GMT+0700 | 7 July 2022

Lost Vape Grus Artic Fox firmware

by | Jun 27, 2021 | Indonesian, Static, Technology

POST MIGRASI DARI WEBSITE LAMA, MASIH DALAM PROSES PENULISAN ULANG / BELUM DAPAT MENGEMBALIKAN FOTO DAN DEKSRIPSINYA DIKARENAKAN PERBEDAAN CARA PENYIMPANAN MEDIA FILE PADA WEBSITE BARU.

Vaping bagaimanapun bukan tanpa efek negatif terhadap tubuh kita. Vaping bukan untuk anak dibawah umur.

Peralatan vaping terlalu banyak jenisnya kita pun bingung karena tidak ada standarisasinya, tetapi dalam sisi elektronik kita dapat jelaskan. Dari pengamatan kita dipasar indonesia terdapat beberapa topologi elektronik dalam peralatan vaping seperti:

  • Unregulated mekanikal switch
  • Unregulated electrical switch
  • Regulated electrical switch
  • Regulated pwm
  • Regulated switching mode synchronous rectifier buck boost converter

Jangan kalian terbodohi istilah chip ini lebih enak dll kenyataanya yang lebih tepat adalah firmware / software dengan value didalamnya yang membuat vape jadi enak walaupun dibatasi oleh hardware (microconrtoller, sensor adc, tolopogi). Jadi yang sangat mempengaruhi pengalaman vaping kalian yang pertama adalah software yang dibatasi oleh hardware yah bukan faktor utama chip dna, yihi, hexohm memproduksi uap yang enak tapi software dengan value preset didalamnya. Itu hanya marketing walau pun sebenarnya software tersebut ada dalam chip / hardware tersebut, tetapi jika kita mau nih kita bisa saja reverse engineering, lalu clone / retrive / extract code ke microcontroller lainnya bahkan saat tidak memungkinkan melakukan hal tersebut kita bisa analisa perilaku produk tersebut dengan oscilloscope lalu membuat kode yang mirip outputnya dan yang membedakan hanya sugesti kalian saja karena tahu itu produk yang berbeda ahahaha. Oke lanjut kita bahas satu persatu.

Unregulated mechanical switch cuma mangandalkan switch dengan kapasitas arus yang besar untuk memutus arus saat tidak digunakan, untuk perhitungan wattnya kita harus memiliki banyak informasi seperti tahanan kawat, kurva voltase baterai terhadap load agar didapatkan watt yang pas. Berpatokan terhadap 4.2 volt atau 3.6 volt tidak cukup yah, kita harus lihat kurva baterai jika diberikan load maksimal rata rata baterai tersebut akan menghasilkan berapa volt pada akhirnya. Untuk proteksi keamanan sendiri tidak ada yah, seperti under voltase yang merusak baterai, over current yang merusak baterai dan switch juga kebakaran dan ledakan, short protection yang mencegah ledakan dan kebakaran terakhir tidak terdapat cut off timer agar jika tertekan lebih dari beberapa detik (jika tidak sengaja dan tidak masuk akal juga dalam penggunaan normal penggunaan lebih dari beberapa detik).

Unregulated electrical switch mirip dengan yang mechanical tetapi fungsi saklar mekanik digantikan oleh transistor jenis mosfet, seperti kita ketahui transistor jenis mosfet sangat efisien karena voltase drop yang sangat rendah. Dengan begitu switch mekanik yang digunakan dapat jauh lebih kecil dan penempatan lebih mudah karena kabel pada switch mekanik juga kecil. Sisanya seperti pengaturan watt dan proteksi keamanan sama dengan mechanical switch.

Regulated electrical switch yang sama seperti unregulated electrical switch tetapi dilengkapi dengan proteksi seperti under voltage, over current, short protection, cut off timer dan biasanya mulai diberikan juga charger terintegrasi yang artinya diberikan juga proteksi over voltage pada baterai. hanya saja pada model ini pengaturan watt tetap terbatas pada penggantian tahanan coil yang dipakai. Model ini biasa ditemukan pada mod jaman dulu dan sampai sekarang juga dipakai pada mayoritas pod terutama jenis stick, biasanya tanpa layar dan tanpa tombol. Pada model ini juga untuk model pod biasa disediakan lampu rgb indikator, dan sensor tekanan udara yang berfungsi sebagai draw activation sensor. Mungkin tersedia juga yang dengan layar.

Selanjutnya terdapat regulated pwm, pada model ini sudah bisa mengatur power tanpa harus mengganti kawat, kita sarankan pada model ini menggunakan tahanan kawat sekecil mungkin (tetap dihitung yah misal kawat berapa ohm dan target cut off low battery di berapa volt) agar konsistensi power dapat tercapai, karena pada jenis ini pada suatu titik baterai tidak dapat memberikan voltase yang cukup untuk memberikan watt yang ingin dicapai. Jadi sudah dapat dimengerti yah bahwa model ini hanya bekerja menurunkan power tidak dapat menaikan power sehingga tergantung dari sisa level baterai juga pada akhirnya. Tentunya fungsi proteksi juga sudah lengkap tersedia pada model ini begitu pula charger baterai. Biasanya dilengkapi layar atau lampu rgb indikator, pada pod juga tetap dilengkapi sensor tekanan udara. Oh ya regulated pwm ini sudah dapat juga menjalankan fungsi temperature control juga. Biasanya produsen mengakali kekurangan produk jenis ini dengan memakaikannya 2 buah baterai sehungga voltase output lebih tinggi agar saat baterai lemah tidak terlalu terasa efeknya.

Terakhir jenis regulated switching mode synchronous rectifier buck boost converter mirip seperti regulated pwm fiturnya tetapi memiliki kelebihan dapat menaikan voltase output dari input baterai sehingga dapat menjaga konsistensi rasa sampai baterai habis, 1 baterai pun cukup untuk ratusan watt dan tetap konstan. Yang terkenal dengan topologi ini adalah DNA, dan YIHI, tetapi jaman sekarang banyak juga yang pake topologi ini dengan produknya masing2. Bahkan tersedia pod / pod stick dengan topologi ini walau tidak banyak. Selalu pilih peralatan vaping kalian yang menggunakan topologi switching mode synchronous rectifier buck boost converter. Cirinya saat dibongkar minimal mempuyai 1 buah inductor / coil, dan minimal memiliki 4 buah mosfet.

Satu lagi deh ada juga mod yang memakai synchronous rectifier buck converter seperti pada hexohm yah seperti dikatakan diatas yang bikin enak firmware / softwarenya yah walau dengan limitasi hardware juga. Kalian akan mengerutkan dahi jika tahu harga inductornya hanya beberapa puluh ribu rupiah, mosfetnya hanya beberapa puluh ribu rupiah, kapasitor smd ribuan perak, dan controllernya kita lupa berapa tapi paling beberapa puluh / ratus ribu rupiah, dan saya hanya tersenyum . Cocok untuk kalian yang mencari pride dan kemudahan claim garansi dari pada beli barang baru.

Untuk mode pengoprasian juga macam2 yah sesuai limitasi topologi yang dipakai, ada bypass, volt, watt, temperature control, dan variasi lainnya diluar yang telah dituliskan yang sebenarnya hanyalah gimmick.

Oke kali ini kita memiliki lost vape grus box mod dengan “chip” (firmware) quest model awal. Seperti kita tahu waktu awal menjual mod mainboard DNA lost vape ini selalu mmeberikan build quality terbaik, bahkan pada produk ini juga walau lebih murah dari pada produk dengan mainboard dna tetap memberikan build quality terbaik. Kita sempat kaget saat dibandingkan dengan hexohm dengan 2 buah vtc 5a si lost vape grus ini dengan vtc 4 tetap lebih berat. Mode operasi yang dimilikinya juga cukup lengkap ada watt, volt, dan temperature control, terdapat mode lock dan ganti warna ui. Dapat mengecas dengan slot usb type c dengan arus 2 ampere, pastikan kabel kalian memiliki 4 kabel dengan 2 jalur data karena jika hanya 2 kabel arus listrik saja dia tidak mau cas, pada saat mengecas kita ditampilkan user interface khusus mengecas, produk ini tidak dipakai selama di cas cukup mengecewakan yah istilahnya no pass through, uniknya saat mengecas layar akan aktif terus menerus dengan brightness terendah menampilkan level baterai. Tombol yang digunakan sangat empuk enak mirip mainboard dna karena dilengkapi silicon pad dan jadi lebih tahan air juga tombol2nya. Dapat menggunakan 3 jenis baterai, khusus 18650 diberikan converter tambahan dalam paket penjualan. Dalam paket penjualan juga diberikan kabel usb pendek dengan kuaitas yang sangat baik dengan jalur data.

Beberapa kekurangan yang kita rasakan adalah lag atau jeda saat rda masih dingin yang cukup terasa karena box mod ini cukup linear tidak ada mode boost, cukup panas juga, indikator baterai yang kurang sesuai / linear, tidak ada notifikasi kondisi baterai yang telah buruk sehingga kita hanya dapat mengtahui baterai telah buruk jika informasi watt yang ditampilkan saat pengoperasian dibawah yang telah kita set berarti baterai kita sudah jelek yah. Kualitas layar yang diberikan juga buruk kontras jelek dengan brighness yang kurang terang walau desain kaca unik seperti melihat akuarium hehe. Drat 510 sebenarnya sudah springload tetapi kadang suka loncat juga ohm nya tetapi dengan kita kencangkan dengan keras masalah ini hilang kok.

Pada akhirnya kita ganti firmware memakai Articfox, yang kita rasakan semua kekurangan dapat ditutupi dengan menggunakan manual setting yang sangat banyak pada firmware articfox, mod kita dapat menyetarai rasa mod dengan mainboard mahal.

Ya box mod ini performanya sesuai harga, hanya yang dapat memahami hardware dan software yang dapat memaksimalkan mod ini, kekurangan hanya karena preset value pada firmware quest model awal ini saja. Dari sisi hardware sangat baik, sangat disayangkan yah.

Kalau gagal, kenapa harus coba lagi?

– Sarcasm ID: Facebook

Andaikan ku dapat mengungkapkan perasaanku
Hingga membuat kau percaya
Akan kuberikan seutuhnya rasa cintaku
Selamanya, selamanya

– D’cinnamons: Selamanya Cinta

Because I don’t know if I’ll ever see you again
That’s why I’m trying so hard to give you the best in my life
I love you and I hurt you
Our love is suffocating
I didn’t mean to, i just love you so much

– Hins Cheung: Zhi Shi Tai Ai Ni

Lost Vape Grus Artic Fox firmware

by | Jun 27, 2021 | Indonesian, Static, Technology

POST MIGRASI DARI WEBSITE LAMA, MASIH DALAM PROSES PENULISAN ULANG / BELUM DAPAT MENGEMBALIKAN FOTO DAN DEKSRIPSINYA DIKARENAKAN PERBEDAAN CARA PENYIMPANAN MEDIA FILE PADA WEBSITE BARU.

Vaping bagaimanapun bukan tanpa efek negatif terhadap tubuh kita. Vaping bukan untuk anak dibawah umur.

Peralatan vaping terlalu banyak jenisnya kita pun bingung karena tidak ada standarisasinya, tetapi dalam sisi elektronik kita dapat jelaskan. Dari pengamatan kita dipasar indonesia terdapat beberapa topologi elektronik dalam peralatan vaping seperti:

  • Unregulated mekanikal switch
  • Unregulated electrical switch
  • Regulated electrical switch
  • Regulated pwm
  • Regulated switching mode synchronous rectifier buck boost converter

Jangan kalian terbodohi istilah chip ini lebih enak dll kenyataanya yang lebih tepat adalah firmware / software dengan value didalamnya yang membuat vape jadi enak walaupun dibatasi oleh hardware (microconrtoller, sensor adc, tolopogi). Jadi yang sangat mempengaruhi pengalaman vaping kalian yang pertama adalah software yang dibatasi oleh hardware yah bukan faktor utama chip dna, yihi, hexohm memproduksi uap yang enak tapi software dengan value preset didalamnya. Itu hanya marketing walau pun sebenarnya software tersebut ada dalam chip / hardware tersebut, tetapi jika kita mau nih kita bisa saja reverse engineering, lalu clone / retrive / extract code ke microcontroller lainnya bahkan saat tidak memungkinkan melakukan hal tersebut kita bisa analisa perilaku produk tersebut dengan oscilloscope lalu membuat kode yang mirip outputnya dan yang membedakan hanya sugesti kalian saja karena tahu itu produk yang berbeda ahahaha. Oke lanjut kita bahas satu persatu.

Unregulated mechanical switch cuma mangandalkan switch dengan kapasitas arus yang besar untuk memutus arus saat tidak digunakan, untuk perhitungan wattnya kita harus memiliki banyak informasi seperti tahanan kawat, kurva voltase baterai terhadap load agar didapatkan watt yang pas. Berpatokan terhadap 4.2 volt atau 3.6 volt tidak cukup yah, kita harus lihat kurva baterai jika diberikan load maksimal rata rata baterai tersebut akan menghasilkan berapa volt pada akhirnya. Untuk proteksi keamanan sendiri tidak ada yah, seperti under voltase yang merusak baterai, over current yang merusak baterai dan switch juga kebakaran dan ledakan, short protection yang mencegah ledakan dan kebakaran terakhir tidak terdapat cut off timer agar jika tertekan lebih dari beberapa detik (jika tidak sengaja dan tidak masuk akal juga dalam penggunaan normal penggunaan lebih dari beberapa detik).

Unregulated electrical switch mirip dengan yang mechanical tetapi fungsi saklar mekanik digantikan oleh transistor jenis mosfet, seperti kita ketahui transistor jenis mosfet sangat efisien karena voltase drop yang sangat rendah. Dengan begitu switch mekanik yang digunakan dapat jauh lebih kecil dan penempatan lebih mudah karena kabel pada switch mekanik juga kecil. Sisanya seperti pengaturan watt dan proteksi keamanan sama dengan mechanical switch.

Regulated electrical switch yang sama seperti unregulated electrical switch tetapi dilengkapi dengan proteksi seperti under voltage, over current, short protection, cut off timer dan biasanya mulai diberikan juga charger terintegrasi yang artinya diberikan juga proteksi over voltage pada baterai. hanya saja pada model ini pengaturan watt tetap terbatas pada penggantian tahanan coil yang dipakai. Model ini biasa ditemukan pada mod jaman dulu dan sampai sekarang juga dipakai pada mayoritas pod terutama jenis stick, biasanya tanpa layar dan tanpa tombol. Pada model ini juga untuk model pod biasa disediakan lampu rgb indikator, dan sensor tekanan udara yang berfungsi sebagai draw activation sensor. Mungkin tersedia juga yang dengan layar.

Selanjutnya terdapat regulated pwm, pada model ini sudah bisa mengatur power tanpa harus mengganti kawat, kita sarankan pada model ini menggunakan tahanan kawat sekecil mungkin (tetap dihitung yah misal kawat berapa ohm dan target cut off low battery di berapa volt) agar konsistensi power dapat tercapai, karena pada jenis ini pada suatu titik baterai tidak dapat memberikan voltase yang cukup untuk memberikan watt yang ingin dicapai. Jadi sudah dapat dimengerti yah bahwa model ini hanya bekerja menurunkan power tidak dapat menaikan power sehingga tergantung dari sisa level baterai juga pada akhirnya. Tentunya fungsi proteksi juga sudah lengkap tersedia pada model ini begitu pula charger baterai. Biasanya dilengkapi layar atau lampu rgb indikator, pada pod juga tetap dilengkapi sensor tekanan udara. Oh ya regulated pwm ini sudah dapat juga menjalankan fungsi temperature control juga. Biasanya produsen mengakali kekurangan produk jenis ini dengan memakaikannya 2 buah baterai sehungga voltase output lebih tinggi agar saat baterai lemah tidak terlalu terasa efeknya.

Terakhir jenis regulated switching mode synchronous rectifier buck boost converter mirip seperti regulated pwm fiturnya tetapi memiliki kelebihan dapat menaikan voltase output dari input baterai sehingga dapat menjaga konsistensi rasa sampai baterai habis, 1 baterai pun cukup untuk ratusan watt dan tetap konstan. Yang terkenal dengan topologi ini adalah DNA, dan YIHI, tetapi jaman sekarang banyak juga yang pake topologi ini dengan produknya masing2. Bahkan tersedia pod / pod stick dengan topologi ini walau tidak banyak. Selalu pilih peralatan vaping kalian yang menggunakan topologi switching mode synchronous rectifier buck boost converter. Cirinya saat dibongkar minimal mempuyai 1 buah inductor / coil, dan minimal memiliki 4 buah mosfet.

Satu lagi deh ada juga mod yang memakai synchronous rectifier buck converter seperti pada hexohm yah seperti dikatakan diatas yang bikin enak firmware / softwarenya yah walau dengan limitasi hardware juga. Kalian akan mengerutkan dahi jika tahu harga inductornya hanya beberapa puluh ribu rupiah, mosfetnya hanya beberapa puluh ribu rupiah, kapasitor smd ribuan perak, dan controllernya kita lupa berapa tapi paling beberapa puluh / ratus ribu rupiah, dan saya hanya tersenyum . Cocok untuk kalian yang mencari pride dan kemudahan claim garansi dari pada beli barang baru.

Untuk mode pengoprasian juga macam2 yah sesuai limitasi topologi yang dipakai, ada bypass, volt, watt, temperature control, dan variasi lainnya diluar yang telah dituliskan yang sebenarnya hanyalah gimmick.

Oke kali ini kita memiliki lost vape grus box mod dengan “chip” (firmware) quest model awal. Seperti kita tahu waktu awal menjual mod mainboard DNA lost vape ini selalu mmeberikan build quality terbaik, bahkan pada produk ini juga walau lebih murah dari pada produk dengan mainboard dna tetap memberikan build quality terbaik. Kita sempat kaget saat dibandingkan dengan hexohm dengan 2 buah vtc 5a si lost vape grus ini dengan vtc 4 tetap lebih berat. Mode operasi yang dimilikinya juga cukup lengkap ada watt, volt, dan temperature control, terdapat mode lock dan ganti warna ui. Dapat mengecas dengan slot usb type c dengan arus 2 ampere, pastikan kabel kalian memiliki 4 kabel dengan 2 jalur data karena jika hanya 2 kabel arus listrik saja dia tidak mau cas, pada saat mengecas kita ditampilkan user interface khusus mengecas, produk ini tidak dipakai selama di cas cukup mengecewakan yah istilahnya no pass through, uniknya saat mengecas layar akan aktif terus menerus dengan brightness terendah menampilkan level baterai. Tombol yang digunakan sangat empuk enak mirip mainboard dna karena dilengkapi silicon pad dan jadi lebih tahan air juga tombol2nya. Dapat menggunakan 3 jenis baterai, khusus 18650 diberikan converter tambahan dalam paket penjualan. Dalam paket penjualan juga diberikan kabel usb pendek dengan kuaitas yang sangat baik dengan jalur data.

Beberapa kekurangan yang kita rasakan adalah lag atau jeda saat rda masih dingin yang cukup terasa karena box mod ini cukup linear tidak ada mode boost, cukup panas juga, indikator baterai yang kurang sesuai / linear, tidak ada notifikasi kondisi baterai yang telah buruk sehingga kita hanya dapat mengtahui baterai telah buruk jika informasi watt yang ditampilkan saat pengoperasian dibawah yang telah kita set berarti baterai kita sudah jelek yah. Kualitas layar yang diberikan juga buruk kontras jelek dengan brighness yang kurang terang walau desain kaca unik seperti melihat akuarium hehe. Drat 510 sebenarnya sudah springload tetapi kadang suka loncat juga ohm nya tetapi dengan kita kencangkan dengan keras masalah ini hilang kok.

Pada akhirnya kita ganti firmware memakai Articfox, yang kita rasakan semua kekurangan dapat ditutupi dengan menggunakan manual setting yang sangat banyak pada firmware articfox, mod kita dapat menyetarai rasa mod dengan mainboard mahal.

Ya box mod ini performanya sesuai harga, hanya yang dapat memahami hardware dan software yang dapat memaksimalkan mod ini, kekurangan hanya karena preset value pada firmware quest model awal ini saja. Dari sisi hardware sangat baik, sangat disayangkan yah.

Kalau bisa nanti, kenapa harus sekarang?

– Sarcasm ID: Tiktok

Bukan berarti aku tak percaya akan kesungguhanmu
Tapi perihku dimasa yang lalu belum juga hilang
Selalu membayangi

– Reza Artamevia: Keabadian

Where are all those tears coming from
Why are they falling?
Somebody, somebody
Somebody left your heart in the cold

– M.Y.M.P.: Tell Me Where It Hurts